Galaxy Note 20, Si Compact yang Patut Dilirik

Author:

Category:

Jakarta – Tampilan dan spesifikasi yang dibawa Galaxy Note 20 Ultra memang begitu menghipnotis. Pun begitu Galaxy Note 20 tetap menarik untuk dilirik.Bila mengimpikan ponsel flagship yang nyaman dalam genggaman, Galaxy Note 20 masuk dalam kandidat. Saat detikINET menggenggamnya, ponsel ini terasa begitu compact dan tergenggam erat di tangan.

Galaxy Note 20 mengusung bodi belakang berbahan polycarbonate. Membuat bobotnya ringan, bayangkan hanya 192 gram. Ditambah dimensinya 61.6 x 75.2 x 8.3 mm bikin ponsel ini muat disimpan dalam kantong kemeja atau celana.

Tapi hebatnya Samsung, meski mengusung material polycarbonate, mereka mampu menyulap ponselnya ini menjadi terlihat mewah. Itu berkat dipadukannya rangka metal di bagian sampingnya serta finishing mate. Alhasil tidak licin dan bebas dari noda sidik jari.

Galaxy Note 20Galaxy Note 20 begitu compact di tangan Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

 

Ada tiga pilihan warna, ada Mystic Gray, Mystic Green dan Mystic Bronze. Dua yang terakhir ini sepertinya akan menjadi favorit pengguna.

Kendati tidak mengusung refresh rate 120 Hz, layar Galaxy Note 20 bakal tetap memuaskan mata. Sebab panel yang digunakan Super AMOLED Plus berukuran 6,7 inch dan mendukung HDR+. Samsung pun turut melindunginya dengan Gorilla Glass 5 menjaga dari goresan pada layar.

Di Indonesia, Galaxy Note 20 bertenagakan Exynos 990 dengan fabrikasi 7 nm berpadu denga RAM 8 GB. Kombinasi ini diklaim hadirkan performa lancar untuk beragam kegiatan, mulai dari bekerja hingga bermain.

BACA JUGA :  Asus Rilis ROG Phone 5, Ponsel Gaming Flagship RAM Hingga 18 GB

Tidak ada slot microSD yang diberikan. Tapi rasanya tak jadi masalah mengingat kapasitas memori internalnya 256 GB, sudah bisa memuat begitu banyak foto dan video.

BACA JUGA :  Mark Zuckerberg Prediksi Kacamata Pintar Gantikan Teknologi Video Call
Galaxy Note 20Galaxy Note 20 (kiri) dan Galaxy Note 20 Ultra (kanan). Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

 

Bicara soal foto dan video, sejauh ini detikINET memiliki kesempatan terbatas untuk mencoba kamera di Galaxy Note 20. Tampaknya hasil jepretan ponsel ini tidak berbeda dengan di Galaxy S20 series.

Ada tiga kamera yang dipasang di berlakang. Kamera utamanya 12 MP f/1.8, punya telephoto 64 MP dan ultrawide 12MP.

Di bagian depan ada kamera selfie 10MP, kami belum sempat menjajal. Samsung masih menempatkan punch hole di bagian tengah atas. Keberadaannya jelas bikin senang pengguna yang tak suka akan kehadiran notch di ponsel.

Baterai Galaxy Note 20 berkapasitas 4.300 mAh, Samsung melengkapinya dengan AI . Semoga saja fitur itu dapat membuat ponsel ini tahan seharian digunakan.

Diberikan dukungan pengisian cepat 25W. Memang bukan tercepat di pasaran, pun begitu Galaxy Note 10 punya kemampuan wireless charging 15W dan reverse wireless charging 9W.

Lantensi S-Pen memang tidak ditingkatkan seperti Galaxy Note 20 Ultra, tapi kemampuannya sama mumpuni seperti pendahulunya. Masih mendukung air control, penanda audio pada Samsung Notes, remote presentasi dan lainnya.

Galaxy Note 20 Ultra

Menjajal S-Pen di Galaxy Note 20 series Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

 

Soal produktivitasnya tidak jauh berbeda dengan Galaxy Note 20 Ultra. Pengguna bisa menggunakan DeX untuk mengubah ke mode desktop. Tidak perlu kabel untuk menggunakan DeX ke TV, kini bisa terhubung secara wireless.

Pengguna pun bisa mengakses aplikasi yang ada di Galaxy Note 20 di desktop ataupun laptop berbasis Windows. Ini dimungkinkan karena adanya fitur Link to Windows.

BACA JUGA :  Ini Spesifikasi Redmi Note 10 Pro, HP yang Dijual Rp 3,5 Juta di Indonesia

Kamu tidak perlu lagi melirik-lirik notifikasi pesan WhatsApp di layar ponsel ketika berkerja. Karena bisa dilihatnya dan sekalian membalasnya dari layar Windows. Fitur ini pula yang mempermudah copy paste file dari Galaxy Note 20 ke komputer atau sebaliknya.

Jadi tidak kalah menarikkan Galaxy Note 20. Vendor asal Korea Selatan ini sudah membuka pre-order di situs Galaxy Launch Pack atau lewat e-commerce.

Galaxy Note 20 dibanderol Rp 14.499.000. Samsung memberikan bonus Galaxy Buds Plus untuk pemesan.

BACA JUGA :  Realme Narzo 30A: Hp Sejutaan Buat Main Gim!

Sumber: inet.detik.com