Ini Dua Cara Mudah Mengecek Kebocoran Radiator di Mobil Anda

Author:

Category:

Kalau enggak mau overheat, maka radiator mobil mesti dicek kondisinya. Soalnya, radiator memiliki risiko mengalami kebocoran saat digunakan. Begini, empasan kerikil dari jalan yang mengenai radiator bisa membuat komponen cooling system ini bocor, loh.

Selain itu, pada mobil yang sudah tua, radiator bisa mengalami korosi dan bocor. Jadi selalu periksa dan pastikan kondisi radiator dalam keadaan baik sebelum Anda mengemudikan mobil.

Cara mengecek kondisi radiator sangat mudah. Untuk memantau kebocoran radiator, Anda dapat mencirikan warna dari radiator coolant yang Anda pakai.

Bila ada tetesan atau genangan radiator coolant di kolong mesin, maka segera bawa ke bengkel untuk pengecekan. Cara lain adalah dengan memperhatikan penurunan jumlah air radiator di tabung reservoir. Bila penurunannya tidak wajar atau berlebih, dapat dipastikan ada kebocoran pada cooling system.

Namun, satu hal yang kerap terlupakan, bocor kecil kadang tak terdeteksi. Kebocoran baru terjadi ketika suhu mesin normal akibat meningkatnya tekanan di dalam cooling system. (*/grid)

BACA JUGA :  Suzuki Optimis Tingkatkan Pangsa Pasar di Indonesia di 2021
BACA JUGA :  Daftar Mobil Toyota Diskon PPnBM 100 Persen, Belanja via Auto2000 Digiroom